Kelebihan dan Kekurangan Triplek


Triplek atau yang biasa disebut dengan Plywood dnan kayu lapis merupakan bahan yang sering dibutuhkan untuk keperluan bangunan. Penggunaanya yang sering dilakukan membuat kayu pipih ini banyak dicari konsumen untuk dijadikan plafon, baha baku furniture, lantai, penyanggah cor-an, atau pun lainnya.
Jika berbicara kualitas, Plywood ini sejatinya tidak kalah bagus dengan kayu solid. Hanya saja, karena bentuknya yang pipih dan melebar, membuat kayu ini cenderung lebih rapuh dan cepat lapuk. Untuk urusan estetika, beberapa jenis kayu lapis cenderung mempertahankan serat dan corak asli kayu, sehingga tampilannya tetap tampak alami dan natural.


Kelebihan dan Kekurangan Triplek Sebagai Bahan Baku Furniture dan Dekorasi Rumah
Jika Anda berminat menggunakan kayu pipih ini untuk keperluan bahan baku furniture dan dekorasi rumah, beberapa kelebihan dan kekurangan berikut mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan pilihan Anda:
Kelebihan Plywood
  1. Ringan dan fleksibel
Karena bentuknya pipih dan melebar, kayu ini pun memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah dibawa kemana pun Anda mau. Karakter kayu yang fleksibel juga bisa Anda temui pada jenis kayu lapis ini. Dengan karakter tersebut, Anda bisa menggunakan kayu ini untuk beragam keperluan, termasuk hiasan rumah.
  1. Harga yang relatih murah
Dibandingkan dengan kayu solid, kayu ini memiliki harga yang cenderung murah, sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan bahan baku bangunan dan furniture yang murah.
  1. Cukup kuat
Kelebihan Triplek yang satu ini sudah banyak diakui oleh beberapa kalangan. Beberapa bahan baku berkualitas seperti Meranti dan Jati memiliki andil untuk kualitas ini. Dengan adanya kedua kayu tersebut, bisa dipastikan mutu kayu lapis tetaplah terjaga dan terpelihara.
  1. Multifungsi
Karena memiliki ketiga kelebihan di atas, jadilah Plywood ini memiliki banyak sekali fungsi, seperti bahan baku furniture, bahan dekorasi rumah, plafon, lantai, dan lainnya.
Kekurangan Plywood
  1. Kualitasnya masih di bawah kayu solid
Jika dibandingkan dengan kayu solid, kayu olahan ini memiliki kualitas yang lebih buruk, sehingga tidak bisa menggantikan peran kayu solid untuk beberapa keperluan.
  1. Tidak tahan air
Inilah kelemahan terbesar Triplek, tidak tahan terhadap air. Walaupun banyak produk baru yang disinyalir mampu tahan terhadap air, Plywood tetaplah Plywood yang tidak bertahan lama jika terus terkena air.
  1. Permukaanya tidak rata
Kekurangan ini sebenarnya hanya dimiliki segelintir produk saja. Beberapa jenis kayu lapis memang memiliki permukaan yang tidak rata. Karena itulah kayu ini tidak cocok digunakan sebagai papan ujian.
Beberapa kelebihan dan kekurangan Triplek memang harus Anda ketahui, terlebih lagi jika Anda ingin menggunakan kayu lapis ini untuk keperluan Anda. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan memudahkan Anda untuk memilih dan menentukan bahan ini sebagai bahan utama furniture dan dekorasi rumah Anda.

Jika anda berada di daerah Malang dan sekitarnya yang saat ini sedang mencari yang jual triplek Malang untuk kebutuhan rumah anda atau yang lain, anda bisa memilih jenis triplek tersebut di megatruss global yang menyediakan berbagai macam triplek dengan harga terbaik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Triplek dan Multiplek Di Malang

Kelebihan dan Kekurangan Triplek Melamin/Melaminto

Multiplek Meranti dan Kelebihan Kekurangannya