Cara merawat Triplek/Multiplek / Plywood


Jual triplek jakarta|Harga triplek|Toko triplek jakarta


Plywood atau tripleks merupkan satu dari beberapa bahan baku bangunan yang sering digunakan. Bahannya yang murah, ringan, dan kuat dinilai cocok dengan kebutuhan pasar yang membutuhkan bahan bangunan dengan karakter demikian. Maka dari itu, bahan ini pun banyak digunakan dan difavoritkan karena kelebihan yang dimilikinya.
Tapi Anda juga harus ingat. Selayaknya produk olahan kayu lainnya, bahan ini pun mudah lapuk, apalagi jika ditempatkan di luar ruangan. Terpaan udara, panas matahari, dan hujan mampu merusak struktur produk, sehingga produk pun akan rusak dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Untuk mencegah hal ini terjadi, perawatan Plywood pun harus senantiasa dilakukan. Selain mencegah hal buruk terjadi, cara ini pun dilakukan demi menjaga kekuatan produk, dan meningkatkan ketahanan produk terjadap perubahan cuaca yang ekstrim.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat produk ini. Salah satunya adalah dengan memberikan treatment khusus berupa pemberian obat pelapis khusus kayu. Obat ini berguna untuk melindungan bagian luar tripleks dari terpaan cuaca panas dan dingin. Sehingga kayu tidak mudah lapuk apalagi rusak.
Cata Merawat Plywood Agar Kuat dan Tahan Lama
Di bawah ini adalah tata cara perawatan tripleks yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat dan meningkatkan ketahanan trikpleks:
  1. Tempatkan trikpleks di tempat yang ideal
Tempat ideal di sini diartikan sebagai tempat yang tidak terlalu panas atau pun dingin. Tempat tersebut juga harus kering, tidak lembab atau pun basah. Dengan penempatan tersebut, diharapkan tripleks tersebut mampu tahan lama dan tidak mudah rusak.
  1. Hindari air
Air adalah bahan yang mampu merusak struktur kayu. Jika kayu lapis ini terus terkena air, kayunya akan cepat lapuk, rusak, dan tidak lama. Maka dari itu, tempatkan bahan ini di tempat yang jauh dari sumber air.
  1. Lapisi dengan obat pelapis
Cara terbaik merawat Plywood ini diyakini mampu meningkatkan ketahanan dan kekuatan tripleks. Kandungan linseed oil dan bresswax dalam obat ini diyakini mampu melindungi furniture berbahan tripleks dari cuaca panas dan air.
Adapun untuk tata cara perawatan dengan obat ini adalah berikut:
  • Siapkan obat yang dimaksud. Anda bisa membelinya di toko aksesoris furniture atau sejenisnya.
  • Setelah itu oleskan obat pada semua permukaan tripleks, oleskan dengan merata, lalu tunggu hingga 10 menit.
  • Jika sudah, usap permukaan tripleks dengan kain atau lap hingga permukaan tampak bersih dan mengkilap.
Itulah beberapa cara dan tips merawat Plywood. Dengan menerapkan tips dan cara di atas, diharapkan furniture berbahan tripleks jadi lebih kuat, mengkilap, tahan lama, dan pastinya tidak mudah rusak atau pun lapuk.


Komentar

  1. Kalau udah di kasi pelapis tetep sering di pegang oleh tangan boleh engga tuh tangan engga kenapa kenapa kan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Triplek dan Multiplek Di Malang

Kelebihan dan Kekurangan Triplek Melamin/Melaminto

Multiplek Meranti dan Kelebihan Kekurangannya